RPP bahasa dan sastra indonesia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                           : SMA NEGERI 2 RUTENG
MATA PELAJARAN           : Bahasa Indonesia
KELAS                                 : X
SEMESTER                        : 1

A.           STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak
                            langsung

B.           KOMPETENSI DASAR :
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 
C.           MATERI PEMBELAJARAN :
Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·         Pokok-pokok isi berita
·         penangapan isi berita

D.           INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·   Bersahabat
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
3
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
·         Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
·         Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.


F.            METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah

G.          Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
·         Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) 

·        Mencari Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·        Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
·        Siswa berlatih mendiskripsikan Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·     Siswa Menuliskan isi berita . 


H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal          :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
F Membentuk kelompok diskusi
Bersahabat
2.
Kegiatan Inti  :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh)
F Menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat
F Mendiskusikan isi berita
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir           :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
 komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
2 x 45 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·   Radio/ tape

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat




Mengetahui,
Kepala Sekolah




           Drs. Wihelmus jebadu





              
           Ruteng   Juli    2016
Guru Mapel Bahasa Indonesia




          Bertho hardu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI BELAJAR NATIVISTIK

sejarah dan Atribut PMKRI

tugas apresiasi sastra