PERKEMBANGAN KURIKULUM
TUGAS TELAAH KURIKULUM
O
L
E
H
NAMA : NOBERTUS
HARDU
NIM : 513 06 042
KELAS : B
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
UNIVERSITAS PANCASAKTI
MAKASSAR
2015
1. Perkembangan
Kurikulum 2004
Kurikulum ini dikatakan sebagai perbaikan dari KBK yang diberi nama
kurikulum tingkat satuan pendidikan(KTSP).KTSP ini merupakan bentuk
implementasi dari UU No.20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional yang
dijabarkan kedalam jumlah peraturan antara lain peraturan pemerintah no.19
tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.
Ciri atau arah pengembangan pembelajaran
kurikulum ini sebagai berikut:
·
Menekankan pada
tercapainya kompetensi siswa baik secara individu maupun klasikal.
·
Berorientasi pada hasil
belajar(learning outcomes)dan keberagaman
·
Penyampaian dalam
pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi.
·
Sumber belajar bukan
hanya guru tetapi juga sumber belajar lainnya yang memenuhi unsur edukatif.
·
Penilaian menekankan
pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan atau pencapaian suatu
kompetensi.
2. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006
Kurikulum tingkat satuan pendidikan(KTSP) adalah sebuah kurikulum
operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing
satuan pendidikan di Indonesia.KTSP secara yuridis diamankan oleh undang-undang
no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan pemerintah
Republik Indonesia no.19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.
Prinsip KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari S1 namun
pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah
itu sendiri.
Prinsip-prinsip pengembangan KTSP
menurut permendiknas no.20 tahun 2006 sebagaimana dikutip dari Mulyasa sebagai
berikut:
·
Berpusat pada
potensi,perkembangan, serta kebutuhan peserta didik dan
lingkungannya.Pengembangan kurikulum didasarkan atas prinsip bahwa peserta
didik adalah sentral proses pendidikan agar menjadi manusia yang
bertakwa,berakhlak mulia,berilmu serta warga negara yang demokratis.
·
Berragam dan
terpadu,kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman peserta
didik,kondisi daerah yang tidak membedakan agama,suku budaya,adat serta status
sosial,ekonomi dan gendre.Kurikulum meliputi subtansi komponen muatan wajib
kurikulum,muatan lokal dan pengembangan diri secara terpadu.
·
Tanggap terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan teknologi,dan seni.Kurikulum dikembangkan atas
kesadaran bahwa ilmu pengetahuan,teknologi dan seni berkembang secara dinamis.
·
Relevan dengan
kebutuhan.
·
Kurikulum dikembangkan
dengan memperhatikan relevansi pendidikan tersebut dengan kebutuhan hidup
dengan dunia kerja.
·
Menyuruh dan kesinambungan.Subtansi
kurikulum direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antara semua
jenjang pendidikan.
3. Kurikulum
2013
Inti dari kurikulum 2013 adalah ada pada upaya penyederhanaan dan
ternatik intergratif.Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap
didalam menghadapi masa depan.Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi
perkembangan masa depan.
Tujuan kurikulum 2013 adalah untuk
mendorong peserta didik atau siswa,mampu lebih baik dalam melakukan
observasi,bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan apa yang mereka peroleh
atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.
Pelaksanaan penyusunan kurikulum 2013
adalah bagian dari pengembangan kurikulum berbasia kompetensi(KBK) yang telah
dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap,pengetahuan,dan
ketrampilan secara terpadu.
Komentar
Posting Komentar